Yuk Cari Tahu Cara Klaim Asuransi Kesehatan

Asuransi Kesehatan

Mendaftarkan diri untuk ikut serta menjadi nasabah asuransi kesehatan memang memiliki manfaat tersendiri. Dengan menjadi anggota asuran kesehatan anda seperti sudah menyiapkan payung sebelum hujan tiba. Asuransi kesehatan sendiri memiliki manfaat untuk mejamin biaya rumah sakit saat terjadi kecelakaan atau jatuh dari kendaraan. Bagi anda yang ingin cari tahu kalim asuransi kesehatan premi murah cekaja.com yuk simak ulasan selengkapnya berikut. 

Cara Klaim Asuransi Kesehatan yang Wajib Anda Tahu 

1 Pastikan Anda Selalu Membayar Premi 
Saat anda memutuskan untuk mengikuti asuransi kesehatan, ada baiknya anda mulai mempertimbangkaan mengenai premi yang harus dibayar setiap bulannya. Selalu pastikan agar penghasilan bulanan anda dapat tercukupi untuk membayar setoran asuransi kesehatan setiap bulannya. Dengan melakukan pembayaran asuransi rutin setiap bulannya sehingga saat melakukan klaim anda tidak akan memberatkan dan anda bisa mendapatkan keuntungan. 

2. Memastikan Masa Aktif Asuransi Lebih 30 Hari 
Banyak sekali perusahaan yang menetapkan jika masa aktif asuransi tersebut bisa diambil 30 hari. Jika kurang dari 30 hari, maka klaim yang anda ajukan akan ditolak dan tidak akan diterima kecuali jika dalam kondisi yang mendesak seperti kecelakaan. Oleh karenanya anda harus memastikan jika masa aktif atau umur polis sudah lebih dari 30 hari sejak mengajukan untuk mengikuti asuransi kesehatan tersebut. 

3. Memenuhi Syarat Untuk Melakukan Klaim 
Sebelum anda hendak melakukan klaim asuransi kesehatan premi murah cekaja.com, pastikan jika syarat untuk melakukan klaim sudah terpenuhi. Anda tidak dapat melakukan premi apabila premi yang anda dalam keadaan tidak aktif. Anda pun harus memastikan jika anda sudah melunasi seluruh cicilan premi. Selain itu pastikan jika anda tidak berada pada masa tenggang atau terdapat beberapa pengecualian tertentu seperti penyakit atau metode perawatan yang dilakukan. 

4. Melengkapi dokumen Pendukung 
Untuk bisa melakukan klaim asuransi anda harus melengkapi dokumen pendukung seperti identitas diri berupa KTP, nomor telepon, nomor polis, nama rumah sakit atau dokter yang ingin dituju. Penting kiranya untuk membawa serta surat rujukan dari dokter, gejala, dan kondisi yang terjadi sehingga menjadikan anda harus melakukan rawat inap. 

5. Menghubungi Pihak Asuransi 
Setelah anda menyiapakan semua berkas, langkah selanjutnya adalah menghubungi jasa asuransi kesehatan premi murah cekaja.com jika anda hendak rawat inap. Hubungi petugas selambat lambatnya pada keadaan 2 kali 2 jam setelah melakukan rawat inap. Anda dapat menghubungi agen asuransi atau pihak pelayanan medis pihak asuransi. 

6. Pemilihan Rumah Sakit 
Setelah pihak asuransi menerima data anda, maka pihak asuransi akan memberikan refrensi rumah sakit untuk dijadikan rekanan. Meskipun memilih sendiri rumah sakit yang diinginkan, asalkan masih di dalam rumah sakit rekanan. Karena daftar rumah sakit rekanan sering berubah ubah, ada baiknya untuk memeriksan daftar terbaru dengan menghubungi pihak asuransi. 

Keuntungan melakukan perawatan di rumah sakit rekanan adalah tidak perlu membayar biaya perawatan di muka, dengan kata lain anda tidak perlu mengeluarkan uang jaminan. Sehingga anda bisa memilih untuk menggunakan rumah sakit rekanan yang dijadikan rujukan dari pihak asuransi. 

7. Penyelesaian Klaim Asuransi 
Ketika anda sudah sampai di rumah sakit, anda harus menunjukkan identitas polis kemudian menyerahkaan sistem urusan administrasi pada pihak rumah sakit. Seluruh biaya perawatan akan ditanggung oleh pihak asuransi dengan syarat biaya masih di dalam batas maksimal yang sudah tercantum dalam polis. Hal ini bertujuan untuk mengetahui batas maksimum manfaat asuransi kesehatan yang ditanggung. 

Untuk melakukan klaim memang akan memungkinkan untuk ditolak dan terima. Apabila klaim asuransi ditolak, maka sebaiknya anda mempelajari ulang dokumen atau alasan penolakan dari pihak perusahaan. Anda sebagai pihak tertanggung berhak mengajukan keberatan secara lisan maupun tulisan ketika klaim ditolak. Mungkin saja protes dapat membuat pihak asuransi mengalah dan mengganti sebagian perawatan anda. 

8. Melakukan Klaim Lewat Cekaja.com 
Secara umum, ada tiga sistem pembayaran klaim asuransi yang bisa dilakukan di asuransi kesehatan premi murah cekaja.com yang bisa anda pilih. Tiga cara ini yaitu reimburse, cashless dan santunan. Sistem reimburse adalah fasilitas klaim asuransi dimana peserta harus membayar atau menanggung biaya medis yang ada dari uang pribadi terlebih dahulu. 

Setelah itu biaya ditagihkan kepada perusahaan asuransi kesehatan dengan melampirkan kwitansi pembayaran yang diterima dari pihak rumah sakit. Sehingga anda harus membayar uang kesehatan menggunakan uang pribadi barulah akan diganti dengan uang dari asuransi. Sistem kedua adalah klaim asuransi dengan sistem cashless. Sistem ini mengharuskan anda untuk menunjukkan data diri ke pihak rumah sakit yang menjadi rekanan perusahaan. 

Rumah sakit kemudian akan meneruskan tagihan tersebut ke perusahaan asuransi kesehatan yang bersangkutan. Namun biasanya premi asuransi kesehatan dengan sistem cashles ini sedikit lebih mahal dibandingkan sistem reimburse. Untuk itu anda harus memilih sistem klaim asuransi yang akan digunakan. 

Selanjutnya adalah sistem klaim santunan adalah sistem perusahaan asuransi Indonesia yang akan memberikan santunan harian selama anda dirawat di rumah sakit. Besarnya santunan yang telah disepakati sebelumnya telah disepakati dengan perusahaan asuransi. Tiga sistem ini bisa anda pilih dengan menggunakan asuransi kesehatan premi murah cekaja.com untuk memudahkan klaim asuransi. 

Itulah beberapa cara untuk bisa melakukan klaim asuransi kesehatan saat anda mengalami kecelakaan dan membutuhkan biaya lebih untuk membayar rumah sakit. Mengikuti asuransi kesehatan sendiri akan memberikan keuntungan tersendiri dan memudahkan anda. Ibarat sedia payung sebelum ujian, asuransi kesehatan akan memberikan jaminan saat anda mengalami kesulitan untuk membayar kecelakaan atau keadaan darurat lainnya lebih lengkapnya kalian bisa cek https://www.cekaja.com/asuransi-kesehatan/.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.