7 Jenis Keripik Favorit Orang Indonesia

Keripik

Masyarakat Indonesia rata-rata menyukai panganan yang renyah dan juga mempunyai rasa yang enak, gurih, dan renyah seperti keripik dan kerupuk. Di Indonesia keripik mempunyai bahan dasar yang beragam.

nah, mau tahu keripik dari bahan dasar apasaja yang bisa kamu temui di Indonesia, yuk simak artikel ini sampai akhir.

1. Keripik Talas
Bahan pertama yang biasa dipakai orang-orang Indonesia untuk di jadikan bahan dasar pembuatan keripik adalah Talas. keripik talas memiliki citarasa yang enak, renyah dan gurih. Kalau biasanya kita hanya menikmati talas yang dikukus, kali ini kita menikmatinya dalam bentuk keripik yang kering, gurih, dan renyah dengan bumbu taburannya. Cara membuatnya juga cukup mudah, hanya dengan mengiris talasnya tipis-tipis, kemudian direndam dalam bumbu asin sebelum menggorengnya sampai kering. Keripik talas ini banyak ditemukan di daerah Jawa Tengah yang juga disediakan untuk para tamu.

2. Keripik Tempe
Camilan yang satu ini rasanya sudah dikenal oleh banyak orang, ya. Yup, dialah keripik tempe yang biasanya terbuat dari tempe biasa atau ada juga dari kacang kedelainya langsung. Rasanya yang gurih dan renyah membuat banyak orang memilihnya sebagai pelengkap saat makan, seperti halnya kerupuk. Camilan seperti ini biasanya banyak ditemukan di daerah Jawa Tengah, seperti Banyumas yang menjadikan keripik tempe sebagai salah satu oleh-oleh khasnya. Nah, buat kamu yang kebetulan juga sangat menyukai keripik tempe tidak perlu khawatir, karena saat ini kamu sudah sangat mudah mendapatkannya, baik di pasar maupun di supermarket.

3. Keripik Singkong
Keripik singkong termasuk sebagai camilan yang mudah ditemukan, bahkan dibuat sendiri di rumah. Biasanya makanan ini dijual dalam kemasan kiloan. Hal yang membuat keripik singkong banyak disukai adalah karena rasanya yang gurih dan renyah, selain itu camilan yang satu ini tersedia dalam berbagai varian rasa, mulai dari plain, asin, barbecue, keju, balado, dan masih banyak lagi lainnya.

4. Keripik Bayam
Siapa bilang kalau sayuran tidak bisa digunakan sebagai bahan utama membuat keripik. Daun bayam ini misalnya. Saat ini, kamu juga bisa menemukan keripik yang terbuat dari daun bayam. Daun bayam yang digunakan biasanya yang daunnya lebar, kemudian digoreng menggunakan tepung hingga kering. Sama halnya dengan kerupuk, keripik bayam juga sangat cocok untuk dikonsumsi sebagai pelengkap saat makan besar.

5. Keripik Tahu
Kalau tadi ada tempe, sekarang giliran keripik yang terbuat dari tahu. Tahu yang digoreng sampai kering dan diberi bumbu hingga terasa gurih. Meski begitu, rasa tahunya masih sangat terasa. Selain dijadikan sebagai oleh-oleh, keripik tahu ini sangat cocok dijadikan camilan saat santai dan juga pelengkap saat makan di rumah menggunakan sayur sop, sayur bayam, atau makanan berkuah lainnya.

6. Keripik Pisang
Keripik selanjutnya adalah keripik pisang. Yup, seperti namanya, camilan yang satu ini terbuat dari buah pisang yang diiris tipis kemudian digoreng sampai kering dan diberi bumbu. Keripik pisang biasanya dijual dalam dua rasa, yaitu asin dan manis. Namun, kebanyakan orang akan lebih menyukai keripik pisang yang asin, karena lebih gurih dan renyah. Makanan ini juga banyak ditemukan di daerah Jawa Tengah, dan biasanya digunakan sebagai makanan untuk menyambut para tamu. 

Begitu banyak kan jenis dan rasa keripik yang ada di Indonesia, jadi bgaimana sudah memutuskan mau membeli yang mana.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.