Alasan Memilih Pengadaan Barang dan Jasa secara Online

pengadaan barang dan jasa

Sebelum memulai suatu bisnis dan menjual suatu produk, Anda harus memiliki penyuplai barang yang terpercaya agar ketersediaan barang terjamin dengan baik. Namun, banyak orang yang masih ragu dengan pengadaan barang dan jasa secara online. Berikut ini adalah alasan mengapa Anda harus memilih e-procurement. 

1. Mudah
Kemajuan teknologi yang semakin canggih membuat pengadaan barang ini bisa diakses secara online. Pengadaan barang umumnya menawarkan puluhan ribu produk dan ribuan penjual sehingga proses belanja menjadi lebih mudah dalam memenuhi kebutuhan pengadaan suatu perusahaan atau bisnis tertentu untuk bisa berkembang.

Mencari vendor bukanlah hal yang mudah, terlebih dengan banyaknya vendor yang bisa dijumpai dan transaksi yang melibatkan dana yang tidak sedikit. Anda bisa mengakses vendor tersebut secara online sehingga bisa dilakukan kapan saja dan dimana. Anda pun tidak diharuskan bertemu atau mengunjungi langsung vendor.

2. Efisien
Mengurus pengadaan barang merupakan salah satu kegiatan yang menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Bahkan, prosesnya yang rumit seringkali menghambat proses produksi perusahaan. Pada akhirnya, banyak hal yang harus direlakan untuk bisa mendapatkan vendor terbaik dengan pengadaan barang yang berkualitas. 

Dengan layanan secara online atau konsep digital, kita bisa menemukan vendor pengadaan barang dengan mudah. Jaringan internet mengubah semua proses administrasi dari pengadaan yang rumit, boros biaya dan boros waktu menjadi lebih efisien dan praktis jadi keuntungan finansial yang didapat akan jauh lebih banyak. 

3. Transparan
Salah satu faktor penting bagi perusahaan dalam memilih vendor pengadaan barang dan jasa adalah transparasi. Vendor yang tidak mengedepankan transparasi membuka peluang untuk korupsi yang makin menjadi dan akhirnya akan merugikan perusahaan. Hal ini bisa terhindar dengan penggunaan layanan online yang mudah diakses.

Lokasi vendor yang jauh dan banyaknya kesibukan yang harus kita lakukan membuat transparasi terkadang terabaikan. Namun, dengan e-procurement membuat siapa saja bisa mengakses transaksi yang sudah tersimpan dalam platform. Dengan demikian, kita bisa ikut mengawasi dan mencegah terjadinya kerugian akibat korupsi. 

4. Terjamin
Beberapa orang ragu untuk menggunakan pengadaan barang secara online karena keamanan yang disematkan. Padahal, banyak e-procurement yang sudah menggunakan sistem keamanan yang terjamin dengan seleksi dan verifikasi yang begitu lengkap dan juga ketat sehingga mencegah datangnya berbagai masalah.

Dengan sistem keamanan yang terjamin, setiap pembayaran dan transaksi yang dilakukan akan diteruskan langsung ke penjual setelah pesanan diterima. Namun, jika Anda belum menerima pesanan, maka pembayaran masih ada di tangan marketplace dan belum diterima oleh penjual sehingga akan lebih aman dan juga terasa nyaman. 

5. Harga Kompetitif dan Lebih Terjangkau
Masalah harga menjadi salah satu hal yang paling dipertimbangkan karena pemilihan vendor harus sesuai dengan budget yang ada. Dengan semakin banyaknya vendor pengadaan barang, maka mereka akan berkompetisi dengan memberikan harga yang kompetitif. Pada akhirnya, Anda bisa mendapatkan harga yang lebih terjangkau. 

Namun, jangan mudah tergiur dengan harga murah yang ditawarkan karena hal tersebut akan sia-sia jika kualitas yang diberikan mengecewakan. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda mencari informasi dan membandingkannya terlebih dahulu agar vendor yang diberikan sesuai dengan harga dan kebutuhan dari perusahaan Anda. 

Itulah tadi informasi mengenai alasan memilih pengadaan barang dan jasa secara online yang kian diminati. Dengan alasan inilah Anda bisa menemukan vendor terbaik dan terpercaya bisnis bisa berkembang dan mendatangkan keuntungan yang melimpah. Percayakan saja pada mbizmarket.co.id untuk e-procurement terbaik.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.