Bakpia Jogja Yang Wajib Kamu Cicipi

Bakpia Jogja

Salah satu kebiasaan baik orang Indonesia adalah membelikan oleh-oleh setelah pulang berkunjung kesuatu tempat, oleh-oleh yang paling banyak dicari biasanya adalah panganan khas setiap daerah yang kunjungi. Jogja memang tak lepas dari panganan khasnya yaitu Bakpia Jogja, Bakpia sebetulnya adalah kue yang terbuat dari campuran kacang hijau dan gula, dibalut dengan kulit yang terbuat dari tepung kemudian dipanggang.

Sedikit informasi Bakpia sebenarnya berasal dari negeri Cina, aslinya bernama Tou Luk Pia, yang artinya adalah kue pia kacang hijau. Semenjak diperkenalkan di Yogyakarta, bakpia mulai diproduksi di kampung Pathuk, sejak sekitar tahun 1948, sehingga sering disebut bakpia pathuk.

Waktu itu, bakpia masih diperdagangkan secara eceran dikemas dalam besek tanpa label, peminatnya pun masih sangat terbatas. Proses itu berlanjut hingga mengalami perubahan dengan kemasan kertas karton disertai label tempelan.

Pada tahun 1980 mulai tampil bakpia kemasan baru dengan merek dagang sesuai nomor rumah, diikuti munculnya bakpia-bakpia lain dengan merek dagang nomer berlainan. Demikian pesatnya perkembangan “kue oleh-oleh” ini hingga mencapai kepopuleran tertinggi sekitar tahun 1992.

Nah jika anda berencana berkunjung ke jogja, pastikan anda membelikan oleh-oleh bakpia jogja untuk sanak keluarga say kembali nanti, agar lebih mudah berikut ini kami berikan informasi bakpia yang terkenal di Jogja, mulai dari:

1. Bakpia Pathok 25
Bakpia Jogja terkenal yang pertama adalah Bakpia Pathok 25. Di Jogja sebenarnya terdapat merk-merk bakpia berdasarkan nomor, salah satunya Bakpia Pathok 25. Namun nomor ini tentu saja belum tentu menggambarkan kualitasnya. Bakpia Pathok 25 bisa dikatakan sebagai pelopor bakpia di Jogja. Sehingga sebagai rekomendasi awal, Bakpia Pathok 25 ini bisa menjadi pilihan.

Alamat : Jl. Bhayangkara Ng 1 No.1, Sanggrahan, Ngampilan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55132. Jam Buka : 08.00 – 16.00 wib

2. Bakpia Pathok 75
Bakpia Jogja terkenal lainnya dan sudah ada sejak masa awal adalah Bakpia Patuk 75. Bakpia Patuk 75 juga sebagaimana Bakpia Pathok 25 yang diproduksi dengan metoda yang tradisional sampai sekarang. Ditengah inovasi produk bakpia yang baru bermunculan, Bakpia Patuk 75 dan Bakpia Pathok 25 tetap bertahan dengan cita rasa orisinil. 

Alamat : Jalan AIP, Jl. Karel Sasuit Tubun No.75, Ngampilan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55261. Jam Buka : 07.00 – 22.00 wib

3. Bakpia Djava
Bakpia Djava terkenal sebagai bakpia yang memiliki resep tradisional, namun tidak memakai merk yang menggunakan nomor sebagaiman Bakpia Pathok 25 dan Bakpia Patuk 75. Dari merk-nya bisa diketahui bahwa produk ini mempertahankan ciri khas tradisionalnya.

Alamat : Jl. Karel Sasuit Tubun No.93, Ngampilan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55261. Jam Buka : 08.00 – 23.00 wib

4. Bakpia Kurnia Sari
Bakpia Jogja terkenal lainnya yang sering menjadi oleh-oleh selepas berwisata di Jogja adalah Bakpia Kurnia Sari. Bakpia Kurnia Sari memproduksi bakpia yang ukurannya relatif lebih besar dibandingkan dengan produsen bakpia lainnya. Mengenai varian rasa, Bakpia Kurnia Sari bervarian rasa yang sama dengan bakpia pada umumnya. 

Alamat : Jalan Glagahsari 91, Warungboto, Yogyakarta 55164. Jam Buka : 08.00 – 16.00 wib

5. Bakpiaku
Bakpiaku adalah bakpia Jogja dengan tampilan modern. Hal ini bisa dilihat dari rasa, penyajian serta bungkusnya. Bakpiaku bisa dikatakan bergenre premium, tetapi masih berkualitas di bawah Bakpia Citra Premium.

Alamat : Jl. Gajah Mada No.60, Purwokinanti, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55112. Jam Buka : 08.00 – 21.00 wib.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.