6 Rekomendasi Merk Pil KB yang Bagus dan Aman

Anda bingung ingin memakai alat kontrasepsi apa setelah melahirkan? Ada banyak jenis kontrasepsi, seperti suntik, kondom, vasektomi, dan pil. Pil KB banyak digunakan para wanita, karena mudah didapatkan di apotik dan harganya terjangkau. Ada berbagai merek pil yang tersedia di pasaran. Ini beberapa rekomendasinya. 

Pil KB

1.      Yasmin
Pil kontrasepsi merek Yasmin banyak pemakainya, karena pil ini memiliki kandungan hormon progestin drospirenone yang menekan kerja hormon androgen, sehingga tidak menyebabkan efek samping berupa jerawat. Saat minum pil Yasmin, Anda juga tidak mudah gemuk, malah pil ini bisa mencerahkan kulit. Harga pil ini 250.000 rupiah, cukup tinggi namun minim efek samping.
2. Andalan FE
Pil kontrasepsi merek Andalan banyak beredar di apotek dan direkomendasikan oleh para dokter kandungan dan bidan. Harga pil ini sangat terjangkau, tidak sampai 10.000 rupiah per strip. Pil Andalan FE mengandung FE atau zat besi, sehingga Anda tidak loyo walau sedang haid. Dalam 1 strip, ada 28 tablet, minumlah sesuai dengan petunjuk di bungkusnya.
3. Andalan Laktasi
Ada 1 lagi pil KB dari Andalan, yaitu Andalan laktasi. Bedanya, pil kontrasepsi ini tidak mengandung zat besi, tapi mengandung lynestrenol dan hormon progestin dosis rendah, sehingga aman dikonsumsi oleh para ibu menyusui. Minumlah pil kontrasepsi ini dengan teratur, ketika 6 minggu setelah melahirkan, jadi Anda bisa mengatur jarak kelahiran anak berikutnya.
4. Microgynon
Dalam sebungkus microgynon, terdapat 28 pil yang wajib Anda minum setiap hari di jam yang sama. Walau 7 dari 28 pil ini adalah pil plasebo alias tidak berisi hormon apapun, tapi tetap minumlah, untuk mengatur sistem hormon di dalam tubuh Anda. Pil ini mengandung levonorgestrel dan ethinylestradiol dan harus dibeli dengan resep dokter.
5. Diane
Beda dengan pil kontrasepsi biasa yang memiliki 21 atau 28 pil dalam 1 bungkus, maka pil Diane punya 35 pil dalam 1 stripnya. Pil Diane ampuh mencegah kehamilan, karena mengandung progestin cyptoteron acetate yang bisa menekan hormon androgen dalam tubuh. Pil Diane banyak penggemarnya, karena bisa menyembuhkan jerawat.
6. Exluton Limas
Dalam 1 strip pil merek Exluton, ada 28 pil yang harus Anda minum setiap hari, pada jam yang sama. Pil ini mengandung hormon progestin yang ampuh untuk mencegah kehamilan, dengan cara mencegah terjadinya pelepasan sel telur di rahim (proses ovulasi). Jika Anda ingin hamil lagi, berhentilah minum pil ini.
Ada banyak merek pil KB di pasaran. Mana yang paling baik? Jika Anda sedang menyusui, maka minumlah pil kontrasepsi untuk ibu menyusui. Jika ragu, konsultasikan kepada bidan atau dokter kandungan, pil kontrasepsi mana yang cocok untuk Anda konsumsi. Minumlah pil secara teratur, agar bisa mengatur jarak kehamilan dan terhindar dari kebobolan.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.