Menilik Manfaat Membaca Bagi Otak dan Tubuh

membaca buku

Membaca buku memberi banyak manfaat untuk kita. Sejak kecil, kita selalu dibiasakan untuk membaca buku. Namun sayangnya tidak semua orang menyukai kegiatan positif ini. Padahal saat ini kita bisa membaca buku tanpa perlu repot membawa buku cetak, sebab kini sudah ada Hp android terbaik yang di dalamnya dilengkapi fitur dimana fitur tersbeut dapat kita manfaatkan untuk membaca file ebook atau pdf.

Membaca membuat kita mengenal dunia, wawasan lebih luas dan kita semakin menjadi pribadi yang bijak. Benar sekali, apabila kita rajin membaca, kita akan lebih mudah memahami situasi dan kondisi orang lain atau lingkungan. Dengan begitu sikap kita akan terlatih untuk lebih bijak.

Apa saja manfaat membaca bagi otak dan tubuh? Yuk temukan jawabannya pada ulasan berikut ini.

Organ Otak Lebih Aktif
Sebuah kegiatan yang melibatkan peran organ otak dapat membuat otak semakin terlatih. Bahkan, Profesor Neuropsikologi, Robert S. Wilson menyatakan bahwa seseorang yang memiliki hobi membaca sejak kecil hingga tua dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan otak di usia tua kelak.

Sebenarnya kita sendiri sudah bisa merasakan bagaimana kinerja otak yang aktif dan mana yang tidak. Misalnya saja saat liburan panjang, kita berhenti dari aktivitas membaca dan belajar. Dan tiba – tiba kita merasa sulit mengingat, sulit mengungkapkan ide atau gagasan dan lainnya. Lain halnya jika otak terus diasah agar selalu aktif, maka kemampuan konsentrasi akan lebih meningkat.

Memori Lebih Kuat
Membaca membuat daya ingat kita lebih tajam. Hal ini diperkuat oleh pernyataan dari Key Pugh, PhD dimana sesorang yang membaca bisa meningkatkan kinerja otak lebih sempurna. Kemampuan imajinasi, pembelajaran asosiatif, dan bahasa akan semakin meningkat. Kesemuanya terhubung menjadi kesatuan yang baik saat digunakan untuk membaca. Kegiatan membaca bisa melatih otak untuk terus aktif dan terlatih.

Membuat Kita Lebih Empati
Empati sendiri diartikan sebagai suatu sikap dimana kita bisa merasakan emosi orang lain, menerima dan memahami emosi tersebut atau lebih mudahnya bisa disebut dengan rasa simpati. Dan rasa empati ini bisa diasah dengan membaca, semakin sering kita membaca, semakin meningkat pula rasa empati dan simpati kita terhadap orang lain.

Saat kita memiliki rasa empati yang tinggi, kita tidak akan mudah menghakimi seseorang karena suatu hal. Selain itu kita juga akan lebih mengerti kesulitan yang sedang dihadapi orang lain.

Demikian tadi beberapa manfaat membaca buku bagi otak dan tubuh. Demikian banyaknya manfaat dari membaca. Oleh karena itu mari kita manfaatkan Hp android murah yang kita beli di Blanja.com untuk sesuatu yang lebih bermanfaat, salah satunya adalah membaca. Dengan fitur canggih yang dibawa smartphone android ini, kita bisa dengan mudah membaca buku yang diinginkan.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.