Cara Menghasilkan Gambar Yang Bagus Saat Foto Di Malam Hari

kamera malam

Menggunakan kamera dimalam hari memang sulit, jika tidak tau caranya maka gambar yang diambil tidak akan terlihat jelas, seperti yang mikogz.com kutip dari liputan6.
Secara harfiah, fotografi berarti 'menggambar dengan cahaya'. Maka dari itu, bilamana kurang cahaya akan membuat hasil gambar terlihat buruk. Teknologi kamera sendiri bekerja menangkap setiap cahaya.

Jadi, apa yang harus dilakukan jika ingin memotret gambar dalam keadaan gelap, terutama dengan menggunakan kamera smartphone?

Rupanya hal tersebut bukanlah masalah, kamu tetap bisa mendapatkan foto terbaik dalam kondisi gelap lewat smartphone, tidak peduli seberapa rendah cahaya yang ada.

Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu terapkan:

Jangan Biarkan Bergoyang

Saat memotret foto lalu bergoyang, bagaimana pun keadaannya, pasti tidak akan bagus. Goyangan sedikit saja pada saat memotret dalam kondisi gelap, sangat mempengaruhi hasil gambar.

Pasalnya, kamera perlu waktu untuk menangkap gambar karena tingkat cahaya yang rendah. Untuk itu lebih baik menggunakan tripod.

Selain tripod, kamu juga bisa memanfaatkan meja dan fitur timer untuk meminimalisir getaran saat kamu menekan tombol shutter.

Gunakan Flash dengan Tepat

Flash memang sangat berguna dalam keadaan gelap, namun tidak sepenuhnya bisa menghasilkan foto yang baik. Gunakanlah flash dengan cara yang tepat.

Hindari penggunaan jarak jauh, karena akan membuat LED flash tidak bekerja dengan maksimal. Penggunaan LED flash terlalu dekat juga akan membuat objek kurang detail atau membuat latar belakang tak terlihat dengan jelas.

Mengutip laman Gizmodo, Selasa (3/1/2017), flash pada kamera smartphone akan sangat bermanfaat bila digunakan pada jarak sedang, di mana peneranggannya jauh lebih baik daripada dari jarak jauh atau terlalu dekat.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.