7 Hal Yang Selalu Dirasakan Oleh Orang Perfeksionis

Memiliki sifat perfeksionis memang gampang-gampang susah, ada saja hal positif dan juga negatif yang kerap kali dialami akibat sifat ini. Bagi saya yang juga memang termasuk dalam kategori orang yang perfeksionis, ada beberapa hal yang sering saya rasakan terkait sifat yang dimiliki. Mungkin pembaca sekalian juga ada yang sama seperti saya?!

Salah satu contoh perasaan yang sering saya alami akibat dari bagian dari sifat perfeksionis adalah sering merasa kesal jika melihat sesuatu hal yang tidak rapi, acak-acakan atau pekerjaan yang tidak selesai dengan baik. Mungkin foto di Finspi  ini bisa membuat sang perfeksionis geregetan. 

Acak

 
Setidaknya 7 hal ini sering terjadi dan saya alami dalam kehidupan sehari-hari. Apa saja?!
 
1.    Selalu Memikirkan Banyak HalSeorang perfeksionis adalah tipe orang yang pemikir. Ia akan memikirkan segala hal yang menurut ia penting, bahkan terkadang yang tidak terlalu penting pun juga dipikirkan. Hal ini seringkali berdampak buruk pada dirinya sendiri, yaitu mudah stress dan merasa khawatir. Hal positifnya, karena ia selalu bertindak dengan memikirkan segala resiko yang terjadi, maka ia termasuk orang yang juga hati-hati alias waspada.
 
2.    Lambat Mengambil KeputusanPada situasi tertentu yang membutuhkan pengambilan keputusan dengan cepat, orang perfeksionis mungkin tidak terlalu bisa diandalkan karena ia akan memikirkan dampak dari sebuah keputusan. Ini membuatnya lambat dalam bertindak.
 
3.    Harus Runut Dari Awal Hingga AkhirDalam mengerjakan sesuatu misalnya pekerjaan, orang perfeksionis biasanya runut karena menyukai hal yang teratur dan tertata rapi. Ia mendambakan pekerjaan yang ia kerjakan bisa menjadi pekerjaan yang terbaik yang bisa ia lakukan. Singkatnya, ia selalu berusaha melakukan yang terbaik.
 
4.    Kemauan KerasOrang-orang perfeksionis memiliki tekad yang kuat atau memiliki kemauan yang keras, terlebih jika ia memang sudah menghendaki sesuatu. Ia akan memperjuangkannya dengan serius. Meski akan ada banyak tantangan, hingga tujuannya tercapai, ia akan terus berusaha.
 
5.    Ingin Selalu Unggul Dari Yang LainMemiliki sifat selalu ingin lebih unggul dari orang lain. Untuk itulah, ia akan berusaha dan menjadi pembelajar dari banyak hal, tidak peduli apakah hal tersebut baru atau masih asing baginya.
 
6.    Takut Membuat Orang Lain KecewaSifatnya yang selalu memikirkan perasaan orang lain membuat ia merasa takut jika sampai membuat orang lain kecewa. Orang perfeksionis tidak akan merasa nyaman jika mengetahui ada orang lain yang merasa kecewa akibat ulahnya.
 
7.    DetailSelalu berusah detail dalam beberapa hal. Segalanya diperhatikan mulai dari yang penting hingga hal remeh. Untuk itu, jangan pernah meragukan pekerjaan seorang yang perfeksionis.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.