Rekor Pertandingan Indonesia VS Thailand

Indonesia VS Thailand

Indonesia Vs Thailand - Indonesia pernah membantai Thailan dengan skor telak 7-0 , Timnas Indonesia malam ini akan berhadapan dengan Thailand dalam ajang Final Piala AFF 2016. Berikut ini MikoGZ hadirkan catatan rekor pertandingan pertemuan kedua Timnas Antara Indonesia melawan Thailand dari masa ke masa yang menarik untuk di simak.

1. Pertandingan Pertama Indonesia VS Thailan (Sea Games 1957)

Tanggal 31 Agustus menjadi hari yang bersejarah bagi sepak bola Indonesia dan Thailand. Keduanya bertemu dalam pertandingan babak grup Merdeka Games di Malaysia. Indonesia yang pada era itu menjadi raja sepak bola Asia Tenggara, menang telak 4-0 dari Thailand.

Sayangnya, FourFourTwo cukup kesulitan mendapatkan data dari pertandingan tersebut. Diketahui bahwa siaran pers dari Kantor Berita Antara hanya memberitakan kemenangan Indonesia saja tanpa adanya jalannya pertandingan dan siapa pencetak golnya.

Meski demikian, media Singapura, yang dilansir dari Harian Merdeka tahun 1957, menerangkan bahwa keempat gol tersebut dicetak oleh pemain berposisi kiri luar pemain Indonesia. Pada era tersebut, kiri luar biasa ditempati oleh Saari dan Omo. Namun, media di Indonesia kala itu menduga Omo lah yang mencetak gol.

Dalam Merdeka Games tersebut, Indonesia hanya mampu meraih posisi runner-up setelah kalah dari Hong Kong di pertandinan final. Sangat menarik, bahwa pertemuan pertama Indonesia dengan Thailand minim sekali data dan fakta, bahkan dari surat kabar-surat kabar Indonesia sendiri.

2. Indonesia Membantai Thailand 7 - 0

Lima tahun pasca pertemuan pertama Indonesia dan Thailand di Merdeka Games, kedua tim bertemu kembali, kali ini di Vietnam National Day Tournament di Saigon (sekarang Ho Chi Minh City). Tak dinyana, Indonesia berhasil mencatatkan kemenangan terbesar sepanjang sejarah mereka atas The War Elephants, dengan skor yang tak tanggung-tanggung: 7-0.


Kemenangan itu sendiri terjadi pada 30 Oktober 1962, dan merupakan pertandingan ketiga yang dilakoni Indonesia di turnamen tersebut, yang juga diikuti oleh Malaysia dan Vietnam Selatan.

Indonesia kala itu memang tengah dalam performa bagus setelah sebulan sebelumnya berhasil menjuarai Merdeka Games 1962 di Kuala Lumpur, meski di turnamen yang sama, mereka dua kali kalah dari Vietnam Selatan. Timnas ketika itu diperkuat oleh Tan Liong Houw, Rukma, Fattah Hidayat, hingga Yudo Hadiyanto.

3. Thailand Kalahkan Indonesia di Senayan (Final SEA Games 1997)

Indonesia sebetulnya memiliki skuat terbaiknya di SEA Games 1997. Kombinasi senior-junior diterapkan oleh pelatih Henk Wullems dalam pembentukan tim. Indonesia yang ingin mempersembahkan emas di rumah sendiri, harus bertemu dengan Thailand.

Manajer timnas Indonesia, yang saat itu dijabat oleh Andre Amin, memberikan motivasi yang luar biasa bagi para pemain. Taktik pun sudah disiapkan oleh Henk Wullems untuk meredam ganasnya duet Kiatisuk Senamuang dan Piyapong Pue-on.

Laga final memberi harapan akan datangnya emas kembali ke Indonesia. Namun Thailand unggul terlebih dahulu Chaichan Kiewsen. Gol tersebut sempat membuat publik Senayan sempat terdiam dan pemain pun tersentak dengan gol tersebut.

Tapi, Indonesia punya mental untuk mengejar ketertinggalan. Kurniawan Dwi Yulianto akhirnya mampu menggetarkan jala gawang Thailand dan menyeimbangkan kedudukan menajdi 1-1. Gol Kurniawan mampu membuat tribun penonton bergetar.

Dramatisnya, Indonesia mampu mengimbangi Thailand yang memang sedang on fire. Sayang, Indonesia gagal meraih medali emas setelah kalah dalam babak adu penalti. Dua penendang Indonesia, yakni Ronny Wabia dan Uston Nawawi gagal menjalankan tugasnya sebagai algojo. Sedangan empat penendang Thailand, yakni Kiatisuk Senamuang, Kritsada Piandit, Tawan Sripan, dan Dusit Chalermsan menjalankan tugasnya dengan baik.

Walau pada akhirnya Indonesia gagal lewat babak adu penalti dan hanya mendapatkan medali perak, kiprah Timnas Indonesia saat itu sangat mencuri hati para penikmat sepakbola di Tanah Air.
 


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.