Daftar Tujuan Wisata Keren PAPUA Selain Raja Ampat

Taman Nasional Laurentz Papua
Taman Nasional Laurentz Papua

Traveling Papua - Bila ingin berwisata ke PAPUA mungkin yang jadi tujuan utama anda ialah Raja Ampat. Raja Ampat saat ini memang menjadi tujuan wisata Favorit di Indonesia. Namun kali ini Miko ingin menghadirkan tempat tujuan wisata keren lainnya di Papua, karena tidak hanya Raja Ampat, masih banyak tujuan keren dan menarik lainnya di Bumi Cendrawasih tersebut.
   
1. Taman Nasional Lorentz
Merupakan taman nasional terbesar di Asia Tenggara, Taman Nasional Lorentz berada di empat kabupaten, yaitu Kabupaten Jayawijaya, Paniai, Merauke, dan Fak-Fak.

Dengan luas wilayah sebesar 2,4 juta hektar, Taman Nasional Lorentz memiliki sebanyak 630 jenis burung dan 123 jenis mamalia.

Taman Nasional Lorentz merupakan kediaman Suku Nduga, Dani Barat, Suku Amungme, Suku Sempan, dan Suku Asmat. Keberagaman suku inilah yang kemudian membuat Festival Lembah Baliem diadakan setiap tahunnya pada Agustus, bertepatan dengan perayaan kemerdekaan Indonesia.


2. Danau Sentani

Dengan luas mencapai 9.360 hektar, Danau Sentani merupakan danau terluas di Papua.

Danau Sentani terbentang antara Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura dengan sejumlah 21 pulau kecil berada di tengah-tengah danau tersebut.

Karena keindahan alam dan kekayaan budaya di sekitar Danau Sentani, setiap tahunnya diadakan Festival Danau Sentani yang berlangsung pada pertengahan Juni.

3. Lembah Baliem

Selain Puncak Cartenz, di kawasan Pegunungan Jayawijaya terdapat sebuah lembah yang berada pada ketinggian 1.600 mdpl.

Lembah Baliem atau grand baliem valley dikelilingi panorama alam pegunungan yang masih alami.

Dengan panjang sekitar 80 km, Lembah Baliem menjadi tempat hidup bagi kurang lebih 100 ribu jiwa yang merupakan warga Suku Dani, Suku Yali, dan Suku Lani.

4. Pantai Bosnik

Selain Raja Ampat dan Teluk Cendrawasih, Papua masih menyimpan surga bahari lain yang tak kalah eksotis.

Pantai Bosnik terletak di Biak Timur yang berjarak tempuh sekitar 30 menit dari Kota Biak.

Selain pasir putih dan air laut yang jernih, Pantai Bosnik menyajikan panorama alam bawah laut yang tak kalah ciamik.


5. Taman Nasional Teluk Cendrawasih
Terletak di Teluk Cenderawasih, Provinsi Papua Barat, Taman Nasional Teluk Cendrawasih merupakan taman nasional perairan laut terluas di Indonesia.

Taman Nasional Teluk Cenderawasih meliputi Pulau Mioswaar, Nusrowi, Roon, Rumberpon, dan Yoop. Terdiri dari daratan, pesisir pantai, terumbu karang, dan perairan, Taman Nasional Teluk Cendrawasih memiliki lebih dari 200 jenis spesies ikan dan terumbu karang.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.