Bagaimana Cara Belajar Dalam Tidur

belajar saat tidur

Belajar dalam tidur terdengar agak mustahil, tapi hal itu memang benar-benar bisa di lakukan, berikut hal-hal yang bisa dipelajari saat tidur, yang mikogz.com kutip dari liputan6.
Belajar sambil tidur memangnya bisa? Yang ada malah tertidur ketika sedang belajar. Bahkan ada kelakar yang berkata kalau mau pintar letakkan saja bukunya di bawah bantal, nanti langsung pintar. Anda percaya? Orang ketika ingin menguasai suatu ilmu memang harus ada usaha untuk belajar. Membaca buku yang ingin dikuasai atau melakukan eksperimen untuk membuktikan teori dari suatu pengetahuan. Tapi sebetulnya tidurpun bisa membuat Anda pintar.

Secara tak sadar ada banyak hal yang tanpa sengaja kita ketahui ketika tidur. Dilansir dari iflscience.com, Senin (5/12/2016) ternyata ada 4 hal yang bisa dipelajari sambil tidur.

Kata-Kata Asing
Menguasai kata–kata asing juga bisa dilakukan pada saat tidur. Percobaan yang dilakukan pada para penutur asli Bahasa Jerman yang terbagi dalam 2 kelompok dimana kelompok pertama diperdengarkan beberapa kata–kata dasar berbahasa Belanda pada saat mereka tidur. Kelompok lainnya tertidur tanpa diperdengarkan kata–kata dasar yang masih asing ini. Ketika bangun kelompok pertama lebih dapat mengidentifikasi dan menerjemahkan kata–kata asing berbahasa Belanda yang sebetulnya mereka dengar saat tidur. Sementara kelompok lainnya melihat kata-kata ini sebagai hal yang belum pernah dipelajari.
Keterampilan Bermusik

Keterampilan Bermusik
Menguasai alunan musik mungkin tidak dapat dilakukan dalam sekejap. Sekelompok orang yang sedang mempelajari musik diperdengarkan melodi tertentu dari musik video game kemudian mereka dipersilakan untuk tidur siang. Tanpa sepengetahunan peserta, satu kelompok yang tidur diperdengarkan alunan musik yang baru saja dipelajari, sementara kelompok lainnya tidak. Setelah bangun dan kembali mempelajari musik, kelompok yang diperdengarkan musik saat tidur bisa memainkan alunan musik yang dipelajari dengan lebih baik dibandingkan dengan kelompok lainnya.

Bisa Mengingat Dimana Meletakan Sesuatu
Tidur bisa kembali menyegarkan ingatan seseorang. Dalam artian sebagian hal mungkin akan terlupakan dengan tidur. Tetapi pengalaman seseorang yang meletakkan sebuah file dalam folder tertentu di komputernya, sambil diiringi oleh alunan lagu bisa jadi akan menguatkan ingatan tentang tempat file itu disimpan. Saat orang ini diberi kesempatan untuk tidur siang, tanpa disadarinya musik yang tadi didengarnya saat menyimpan file diperdengarkan kembali saat ia tertidur. Ketika kemudian ia terbangun dan diperdengarkan lagu yang sama ingatannya akan terhubung dengan aktifitas ketika menyimpan file.
Melindungi Kenangan

Melindungi Kenangan
Otak memiliki sistem penandaan khusus untuk memisahkan kenangan yang penting dan tidak penting. Kenangan yang dianggap penting akan bertahan dalam ingatan, sementara ingatan yang dianggap tidak penting akan hilang bersama masuknya ingatan baru. Tetapi ternyata sistem ini bisa diubah untuk mempertahankan ingatan yang dianggap tidak penting tadi. Satu peristiwa terjadi sambil diiringi oleh suara tertentu seperti lagu, bunyi lonceng , gemericik air atau suara kucing mengeong, orang yang mengalaminya kemudian tertidur. Dalam tidurnya ia mendengar lagi suara tadi. Ingatannya dapat mengingat kembali kenangan peristiwa yang pernah dialaminya di waktu yang lain.

Penghubungnya adalah suara–suara
Ternyata aktifitas tidur berpengaruh pada kemampuan seseorang untuk mengingat. Pengetahuan baru akan mudah dikuasai lewat aktifitas tidur. Memori otak akan lebih mampu mengingat banyak kenangan. Kunci semua itu adalah suara. Anda tertarik untuk jadi orang yang lebih pintar sambil tidur?

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.